Pages

Ads 468x60px

Saturday, August 27, 2011

NGHAFALIN QUR’AN?? EEEEEEERRGH,,… - -“

Eh, eh, Ntar Ntar! Sebenernya ane bukan seorang Hafizhul Qur’an Kaya temen2 ane yang lain! YyyyYyaa.. ane sebenernya nggak punya haq buat ngobrol masalah bginian,, tapi berhubung ane pernah ngalamin gimana rasanya Nghafalin Qur’an Sedikit, Jadi ane pingin berbagi aja tentang pengalaman ane dan teman2 ane serta beberapa orang yang udah berbagi pengalamannya tentang Ngehafalin Qur’an..
Oiya, sebelumnya, Please banget nih, Hilangin kata mustahil dari pikiran kita buat nghafalin Qur’an! Dan satu lagi, klo emang mau Mnghafal Qur’an itu.. SING SEMANGAT YO!! XD
Gini,waktu dulu tuh kan ane punya seoang temen kecil yang ikutan mondok bareng ane di Lampung, masih 8tahun tuh! Masih kecil kaaan?? Hohoho, biar kecil begitu tapi semangatnya gede luar biasa! Buktinya? Itu anak baru umur 8 tahun, Cuma 10 bulan mondok udah bisa Nghafal 30 Juz, Pas!! GILAAAAAAAAAAAAA!!! 10 BULAAAN??! Beuh! Ane dan temen2 yang lain langsung Syok tuh! Sebulan 1juz aja waktu itu ane belom kelar kelar!!! Rekor Dunia nih! Welehweleh,, Ustadz2nya aja paling cepet jadi Hafizhul Qur’an butuh 1 ½ Tahun, Ni anak baru masuk 10 bulan langsung kelar?? Ni bukan Malaikat Jibril lagi nyamar kaaan?!!! Dan ternyata emang Bukan! Hahah, jadi begini, waktu itu setelah dia hafsl 30 juz, dia langsung pindah keluar nyari sekolah lain. Dan setelah beberapa lama, akhirnya dia balik lagi ke itu pndok. Pas ditanya, “woi, ngapain lo balik lagi??”
“beh, HAFALAN ANE ILANG BROO!! MANTAPLAH NI AKU NGULANG LAGI SEMUANYA!!”
Dan.. hahaha, bener tuh, akhirnya dia ngulang lagi buat nghafal 30 juz di pondok itu dan selesai dalam waktu 1 tahun berapa bulan gitu. “yaah,, lagian punya hafalan keren2 gitu nggak dijaga sih..
(padahaal hafalan ane juga semaput amburadul --“)

view pondok tempat gue hifzhil qur'an
waktu lagi nghafalin dan nyetor hafalan
makan bareng!! hmm~
dan inilah para alumninyaaa!!~ jengjeeeng!!.. XD

Adalagi nih, Ustadz yang pernah ngisi kuliah dhuha di masjid deket rumah ane. Dia mulai mau nghafal qur’an waktu mau masuk lipia. “waktu itu.. saya sedang ikut shalat berjama’ah di sebuah musholla,, tapi koq suara imam mushollanya ini kaya’nya mantap sekali bacaannya ya? Bacaannya lancar betul! Nah.. pas selesai sholat, saya Tanya tuh imam mushollanya,, wah, bacaan ente bagus bener! Hafal Qur’an ya?? Gimana caranya bisa nghafal Qur’an? Ada bacaan2 khusus gitu?? “wah, nggak ada!” kata imamnya, atau harus makan apa gitu?? Ayam putih, ayam putih?? “ah, nggak tuh!” nah, terus apa syaratnya kalau mau nghafal Qur’an? “wah nggak ada syarat apa2 tuh!” bener? “bener deh!”..”eh, tapi tunggu! Kalau menghafal qur’an ya?? Yang penting semangat!” semangat?? “iya! Harus semangat!!”
Setelah itu… saya nyantri di daerah leuwiliang di bogor. Dan yang jadi kyai saya ini.. bukan lulusan mesir atau mana, kyainya itu,, lulusannya ibtida’iyyah! Wah, saya kaget dan ternyata kyainya itu buta! Waah.. nah terus saya nanya bgini: pak kyai, saya kan mau ngafal Qur’an nih.. ada syarat2nya gitu nggak pak kyai?? “ah enggak ada..” jawabnya. Harus baca apa gitu atau makan apa? Ayam putih ayam putih?? “ah, enggak tuh..!” “eh, ada satu!” ha, apa tuh pak kyai?? “SING SEMANGAT YO!” hm… semangat ya,, kemaren imam musholla juga bilangnya cukup semangat,, Wah! Jangan2 bener ini! Semangat!
Sampai pada suatu hari itu saya udah bener2 pusing, kepala itu udah nggak karuan rasanya dan mau balik ke rumah.. “pak kyai, saya udah pusing ini! Saya udah nyerah. Mau balik dulu sekarang…” “Lho lholho?? Jangaan! Masa baru segini udah nyerah?? Coba lagi dululah,, SING SEMANGAT YO!” Hm… Semangat ya..
Sampai akhirnya.. saya mau nyoba kesemangatan saya buat nghafal Qur’an. Dari habis shubuh sampai maghrib saya nggak keluar dari masjid kecuali buat makan dan buang air! Dan Alhamdulillah,, saya seharian itu bisa nghafal 10 halaman atau ½ juz! Dan malemnya saya setor itu ke pak kyai.
“bismillahirrahmaanirrahim.. ……. Trus,, sampe 2 halaman.. pak kyai bilang “wah.. tumben nih!”.. lanjut lagi 5 halaman,, “weh weh, ada apa ini?? Koq tumben sekali??” lanjut lagi terus dan terus sampe 10 halaman, “waaaaaah!! Ini baru santrinya pak kyai!! Hebaat! Hebaat! Koq tumben sekali kamu?? Ada apa ini??” anu.. pak kyai, saya lagi mencoba SEMANGAT! “nah.. itu bisa kan? Mantap ini,, hebat hebat!” si pak kyai sambil nepuk2 bahu saya.
Tapi setelah menghafal 10 halaman itu.. kepala saya langsung pening sekali. Dan.. wah, saya sampai sakit selama seminggu baru bisa sembuh! Masya Allah.. Ya,, itulah baru bisa dikatakan sebagai hasil usaha yang maksimal! Dan hasilnya setelah itu, dalam 3bulan, saya sudah bisa menghafal 10 juz dan akhirnya jadi hafizh sampai sperti sekarang ini.

Nah, keren banget kan pengalamannya?? Tuh friendz, sebenernya nghafal Qur’an itu bukan sesuatu yang sulit koq! Lagian, Allah udah menegaskan dalam satu ayat yg diulang 4 kali dalam satu surat kalau menghafal qur’an dengan kapasitas otak kita yang terdiri dari 100 milyar sel otak itu mudah!, Allah berfirman :

“walaqod yassarnal qur’aana fahal minmuddakir”
“dan sungguh telah kami mudahkan Al-Qur’an untuk diingat. Maka adakah orang yang mau memperhatikan?” [QS. Al-Qamar]

Nah, sekarang gimana tuh cara buat ngehafalin Qur’an?? Sebenernya gampang dan banyak variasinya. Klo ane tuh dulu nghafalin pertama kali Cuma kaya nghafal textbook biasa. Dan Alhamdulillah dalam 1jam udah bisa hafal 1halaman lancar. Tapi kalau kita semakin biasa menghafal, suatu saat tiba2 ada aja kita bakal nemuin cara nghafalin yang pas sma kita sendiri, beneran deh!! Ane yang tadinya 1 jam/halaman jadi bisa mnghafal 2halaman per ½ jam! Adalagi tuh temen ane yang 15 menit udah bisa hafal 2 halaman! WOSZ, WOSZ! MANTAP KAAN??! LANGSUNG DAAAH!! XD oiya, biar otak seger tuh klo kita mau nghafal, kita nghafalinnya pas shubuh2 dan klo bisa deket sesuatu yang hijau, kaya tumbuh2an gitu lah.. siapa tau bisa ngebantu otak kita biar fresh waktu nghafal
Iyaiyatuh, jadi jangan merasa sulit buat nghafal Qur’an! Kalau emang belum lancar bacanya nggak apa2 koq! Ane juga dulu nggak lancar, tapi karena ane sambil nghafal itulah bacaan ane makin lancar! Dan For Your Information: Ternyata Seorang Nenek2 di Indonesia bisa menghafal Qur’an dalam 4 tahun!! WOI, NENEK NENEK LHOOOH??! (Trus kenapa?? - -“) Tuh! Klo nenek2 aja 4 tahun bisa, MASA KITA NGGAK BISA??! HAHAHA XD
Yok kita nghafalin Qur’an bareng2! Biar kita kemudian saling belajar dan mengajari kepada sahabat kita yang lain!~ SELAMAT MENGHAFAAL….!! Dan JANGAN LUPA DIJAGA YA HAFALANNYAAAAAAA….!!~~ :D

No comments:

Post a Comment

 

Sample text

Sample Text

"Hidup ini singkat friendz, karena itu jangan terlalu menyia-nyiakan hidup ini. kenanglah masa lalu, hadapi hari ini, dan rancanglah masa depanmu" -Umar Haniv Alvaruqy-