Pages

Ads 468x60px

Wednesday, September 7, 2011

Kreativitas yang Gila!

Gila banget nih, gue dapet berita klo ada orang yang bisa ngelukis yang.. wedeeh~ pake tanah! kebayang nggak sih?? yah, akui aja klo lukisan itu sangat terkesan gila, dewa banget! yah, biasanya orang ngelukis pake cat acrylic aja hasilnya masih jauh dari harapan dan skill yang hebat. mungkin buat kita itu hasil yang terbaik, tapi klo bisa lebih baik, kenapa nggak? :/ nah, buat info lebih lanjutnya tentang kreativitas seni yang gila ini, langsung aja kita liat di Tee-Kaa-Pe! (berasa jadi parto OVJ)

Zaenal Beta dgn Lukisan Tanah liatnya

Bukan Gue pelukisnya Woi!!
Bukan yang ini lukisannyaa!!
Sore itu, di Benteng Rotterdam, Makassar, Zaenal Beta dengan cekatan mencampur tanah dengan air dalam wadah-wadah kecil. Saat kekentalan cukup, lelaki ini langsung mengoles permukaan kertas dengan larutan tanah liat. Ia mengambil potongan bambu tipis berbentuk segi empat. Berpacu dengan waktu dan teriknya mentari, ia melukis. Dalam sekejap, lukisan salah satu sudut Benteng Rotterdam pun selesai.

Melukis dengan tanah liat, itulah yang dilakukan Zaenal Beta selama 28 tahun ini. Meski ia juga bisa melukis dengan cat air dan cat minyak, juga membuat karikatur, poster, sampai patung.
Menurut dia, dalam sebuah pameran di Taman Ismail Marzuki tahun 1986, pelukis kenamaan Affandi menyebut lukisannya sebagai ide yang kreatif dan sebuah penemuan.

”Affandi mengoleksi satu lukisan saya. Sebagai penghargaan, ia memberi sebuah sketsa diri. Itu pengalaman paling berkesan. Affandi adalah pelukis yang saya kagumi. Lebih senang lagi karena ia menyebut lukisan tanah liat saya sebagai penemuan,” kata lelaki bernama asli Arifin ini tentang pertemuannya dengan Affandi pada 1986 di Taman Ismail Marzuki, Jakarta.
Kendati boleh dikata baru dialah pelukis yang menggunakan tanah liat sebagai media lukisan, tak mudah membuat lukisan tanah liat bisa diterima.
”Pertama kali menggunakan tanah liat untuk melukis, banyak yang bilang saya gila. Katanya, lukisan saya tak bisa dikomentari karena tak ada dalam literatur yang bisa menunjukkan alirannya,” katanya.

Sempat dikucilkan, ia tak putus asa. Segala cara dilakukannya untuk memperkenalkan lukisan tanah liat. Berpameran sendiri, walau hanya di sudut kecil area Pameran Pembangunan, ia lakukan setiap tahun. Ia juga rajin ikut pameran di luar Makassar, terutama di Pulau Jawa.
Baru pada tahun 2000 lukisan tanah liatnya bisa diterima sesama seniman maupun kolektor. Di Makassar, lukisan Zaenal Beta dipajang di hotel-hotel berbintang. Ia juga mendapat berbagai penghargaan, antara lain dari Philips Morris karena masuk 60 besar dalam kompetisi seni lukis se-ASEAN, juga menjadi juara ketiga di Beijing dalam Lomba Poster Pemberdayaan Perempuan.
”Kalau berpameran, saya memilih pameran yang memiliki kurator. Ini penting agar karya saya diberi komentar,” kata Zaenal.

Nah, Keren banget kan? bukan keren lagi malah, Kuerreeenzh!! XD (nggakjelaz--") yah, itulah hasil sebuah kreativitas yang gila. kenapa gila?? ya, kebanyakan dari orang terkenal berkreasi sampai banyak orang yang mengatainya gila. tapi disini bukan gue bermaksud ngatain gila juga (bner koq suer dah! awas aje lo ngaduin gue ke mamahlo! DX gue bilangin babeh nih! grr). tapi kreasi seperti inilah yang awalnya membuat orang mengatainya gila, tapi selanjutnya justru orang2 menjadi tergila-gila dengan khasil kreativitasnya!. dan, mungkin nggak cuma mereka, kita pun nggak perlu takut untuk berkreatifitas yang gila. Bener deh nggak usah takut! gue lagi males nemenin lo nih, minta temenin ama cuculo aja gih. sibuuk~ ah sibuk sibuuk!!~ "\_(>w<)_/"

apaansih kamyu?!€€€..DX
apaloliatliatgue?hah?!
Lupakan mereka yang numpang narsis di Blog gue, katanya sih lagi pada ngegalau mo balik ke sekolah.. Jieeh yang mo sekolah~ :P. Oke, kembali ke lap..Blog! (nyadar muka lebih jelek dari tukul. wakaka parahparaah!! XD) Yakz, Mungkin anda pada awalnya dianggap gila karena berkreasi dengan sesuatu yang aneh dan gila bagi orang lain. tapi selanjutnya? kita akan membuat orang tergila-gila dengan hasil kreativitas kita yang mereka anggap gila tadi. bukan cuma ngomong, Buktinya sudah banyak dan ini salah satu contoh kecilnya, Wanna Try it? /:) 

No comments:

Post a Comment

 

Sample text

Sample Text

"Hidup ini singkat friendz, karena itu jangan terlalu menyia-nyiakan hidup ini. kenanglah masa lalu, hadapi hari ini, dan rancanglah masa depanmu" -Umar Haniv Alvaruqy-